Just another free Blogger theme

Recent Posts

Featured Content

Resources and Tools

Popular Posts

Our Partners

Featured Video

Featured Video

Stay Connected

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

About Me

Pengikut

Selasa, 03 Maret 2015

Nasehat Baden Powell



Nasehat Baden Powell, Baden powel, sejarah baden powel ,baden powel kecil, pesan baden powel

Nasehat baden powel ini dituliskannya dalam bukunya yang pertama, yaitu" Scouting For Boys" . Beliau menuliskan nasehatnya dalam kata pengantar di buku tersebut. Nasehat ini telah menjadi penyemangat bagi seluruh pramuka di dunia dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. Berikut adalah pesan baden powell yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia.

Aku Dahulu Juga Seorang Anak

     Waktu terbaik yang aku alami sebagai seorang anak laki laki, ialah ketika aku sebagai penjelajah laut berlayar di sekitar kepulauan inggris dengan keempat saudaraku. Kami bukanlah pandu laut atau pramuka bahari yang sesungguhnya, karena pada waktu itu Pandu Laut atau Pramuka Bahari belum ada. Kami mempunyai perahu layar sendiri yang kami diami dan kami pergunakan untuk menjelajah lautan, dalam semua musim maupun dalam kondisi cuaca bagaimanapun juga. Kami mengalami waktu yang baik dan menyenangkan dengan tidak memperdulikan betapa besarnya kesukaran.

     Kemudian sebagai seorang siswa pada waktu liburan, aku sering memandu di hutan hutan, menangkap kelinci dan memasaknya, mengamati burung,mengikuti jejak binatang, dan sebagainya. Ketika aku menjadi tentara, denagan tak jemu jemu berburu di timba raya india dan afrika dan hidup diantara orang orang yang diam di hutan kanada. Selanjutnya aku betul betul telah memandu dalam pertempuran-pertempuran di Afrika Selatan.

     Yah, memang aku telah mengalami serta menikmati banyak kehidupan. Timbulah pikiranku: "Mengapa anak anak yang tinggal di rumah tidak mengenyam hidup seperti ini juga?" Aku tahu bahwa tiap anak laki laki yang benar benar berdarah merah sangat gemar akan pengalaman atau petualangan dan hidup di alam terbuka. Oleh karena itu aku menulis buku ini untuk menunjukan kepadamu bagaimana cara menjalankannya.

     Ketahuilah olehmu anak anak, bahwa di seluruh dunia ini tidak hanya ada ratusan ribu bahkan lebih dari tiga juta pandu pramuka!

     Tentu saja seseorang tidak dapat mengharapkan dalam sekejap mata akan menjadi ahli pembunuh rimba dengan tidak mempelajari dahulu beberapa kecakapan yang sukar yang harus dimiliki oleh seorang penempuh rimba. Apabila kamu mempelajari buku ini, kamu akan menjumpai petunjuk-petunjuk yang memberikan pedoman kepada kamu. Dengan demikian kamu dapat belajar sendiri tanpa seorang guru yang memperlihatkan kepadamu bagaimana caranya.

Itulah sedikit pesan yang disampaikan oleh bapak pandu dunia, Baden Powell. Dalam buku yang dituliskannya " Scouting For Boys" . Semoga dapat menginspirasi bagi seluruh pramuka indonseia. dan menambahkan cinta pemuda dalam berpramuka.

Salam Pramuka!!


Categories:


Man Behind this Blog. Find Me On Facebook

0 komentar:

Posting Komentar